iPhone Kuasai 52 Persen Pasar Smartphone

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--iPhone memberikan banyak keuntungan untuk Apple -lebih dari setengah keuntungan industri masuk ke dalam kas perusahaan yang berbasis di Cupertino, California.

Meskipun Samsung telah mengalahkan Apple terkait volume penjualan pada kuartal di bulan September, Apple berhasil menguasai 52 persen keuntungan dengan iPhone.


Hal itu dikatakan pengamat Canaccord Genuity Michael T. Walkley yang menunjukkan keuntungan Apple berasal dari 4,2 persen pangsa pasar global dan masih kecil ketika anda menyadari pangsa pasarnya telah merosot dari 5,4 persen.

Hal itu juga layak dicatat bahwa pada kuartal ketiga tahun 2011, Kombinasi Samsung dan Apple mengumpulkan 81 persen keuntungan pasar ponsel pintar. Sisanya dikuasai delapan produsen besar yaitu Nokia, RIM, Motorola, Sony Ericsson, LG, HTC, semuanya meraih keuntungan dibawah 10 persen.

Walkley juga mengatakan empat tahun lalu Apple hanya menguasai 4 persen pasar ponsel pintar sedangkan Nokia memerintah dengan 67persen dan sekarang nasib kedua dua perusahaan itu balik 180 derajat.

Pencapaian Apple sebesar 52 persen sangat mengesankan, Walkley percaya Apple akan menuai keuntungan lebih besar pada kuartal keempat. Hal itu terlihat dari kondisi para kompetitor seperti RIM dan Motorola sedang berjuang di Amerika Utara dan pertumbuhan Nokia yang macet.

Apple diperkirakan akan meraih 60 persen keuntungan industri ponsel pintar. Perusahaan itu diharapkan dapat meraih penjualan 29 juta unit iPhone pada Desember dan menembus rekor 104.400.000 pada akhir 2012.

Meskipun Android lebih populer, Apple terus menjadi tren dengan mengumpulkan 50 persen pada kuartal tahun pertama dari penjualan iPhone. Apple mungkin telah menyerahkan mahkota ponsel terbesar ke Samsung, tapi hal itu sebelum peluncuran iPhone 4S.

Sumber : Republika Online

0 komentar:

Posting Komentar