Perangkat Android Masih Suka 'Roti Jahe'

Jakarta - Meski pengadopsian sistem operasi Android Ice Cream Sandwich (ICS) mengalami peningkatan, namun ternyata piranti-piranti Android masih banyak yang memakai Android 2.3 Gingerbread alias 'si roti jahe'.

Menurut laporan dari Android Developer per 2 Juli 2012, terdapat 64% piranti Android yang memakai platform 2.3.x. Sedang piranti yang memakai Android 4.0 hanya sebanyak 10,9%.

Bagaimana dengan versi lain? Dikutip detikINET dari Mashable, Rabu (4/6/2012), meski sudah 'jadul', Android 2.2 atau Froyo masih memiliki share 17,3% hingga akhir Juni lalu.

Lantas untuk Android 2.1 (Eclair), presentasenya sebesar 4,7%. Dilaporkan lebih lanjut oleh PCMag, ada sejumlah kecil orang yang tidak meninggalkan piranti Android pertamanya dengan 0,2% masih memakai Cupcake dan 0,5% menjalankan suksesornya, Donut.

Perjalanan Android memang patut disanjung. Menurut laporan dari comScore Senin lalu, OS Android sukses merajai platform smartphone di Amerika Serikat (AS) dengan perolehan 50,9% market share. Perhitungan ini dilakukan selama 3 bulan yang berakhir pada bulan Mei.

Turut mendukung perjalanan Android itu adalah Samsung yang diberitakan menjadi pembuat handset nomor satu dengan mencaplok 25,7% market ponsel pintar di AS. Data ini diperoleh comScore atas survei pada sebanyak 30.000 mobile subscriber di negara Paman Sam tersebut.

Pesaing Android, yakni iOS sendiri berada di peringkat kedua dengan perolehan 31,9% market AS, disusul BlackBerry besutan RIM yang yang mengalami penurunan menjadi 11,4%.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar